karya ilmiah......


Dampak Facebook Terhadap Moral
Remaja Siswa Kelas IX F SMP NEGERI 2 Kota Sukabumi
         

BAB I

Pendahuluan
Facebook adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk berkomukasi, dengan dunia luar, Facebook juga digunakan oleh kalangan umur untuk bermain game,chat, dan menjalin tali silatuhrahmi , dan banyak lagi lainya. Tapi apakah Facebook selamanya memberi dampak baik? Facebook juga bias memberikan damapak negatif pada Moral remaja.damapak negatife apa saja? Apa dampak negatif  pada remaja apalagi untuk moral anak remaja. Karya Ilmiah ini membahas dengan bahan percobaan di kelas IX F. silahkan membaca



Latar belakang
Siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Kota Sukabumi lebih mementingkan bermain facebook pada waktu Kbm berlangsung.



Rumusan Masalah
1.     Apa dampak bermain facebook saat  KBM berlangsung
2.     Apa dampak facebook pada moral anak remaja
3.     Mengapa bermain facebook saat pelajaran berlangsung


Metode peneliatian dilakukan dengan cara
a.     Wawancara
b.    Observasi
c.     Tes (quisioner)
d.    Pustaka 
Adapun Objek penelitian Penulisan buku  :
1.      Nanda
2.      Supri
3.      Dwimas          
4.      Putri
5.      Meutia


      





BAB II
Landasan Teori
Daya Tarik Facebook dan Jejaring Sosial Lainnya
Facebook, Twitter, Friendster dan berbagai jejaring sosial lainnya menyediakan data yang berlimpah bagi orang yang berniat tidak baik. Data itu antara lain nama, alamat, pendidikan, pekerjaan dan data demografis lainnya, serta hobi dan kecenderungan lainnya. Dengan mempelajari profil di Facebook, sesorang akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas terhadap orang lainnya. Kecuali data, Facebook dilengkapi dengan banyak fasilitas untuk berinteraksi, mulai dari email, berbagi foto, bahkan hingga chat. Bahkan saat ini fitur game online sebagai daya tarik utama lain bagi usia anak dan remaja.
Perpaduan kelimpahan data dan fasilitas interaktif itu sangat mempermudah orang menjalin hubungan dengan siapa saja bahkan dengan orang asing yang baru dikenal. Anak dan remaja yang masih polos, akan lebih mudah tertipu oleh kalimat-kalimat manis dibanding mereka yang sudah dewasa. Usia yang masih polos tersebut tanpa prasangka buruk, lebih mudah terjebak untuk berkomunikasi dan menjalin keakraban jika terus menerus diajak berkomunikasi dengan berbagai fasilitas di Facebook. Apalagi bila sang kawan memberikan suatu komunikasi yang menghanyutkan berupa pujian, perhatian dan atensi yang mendalam. Tidak mengherankan jika para penggemar sex dengan anak-anak di Amerika Serikat mencari korban via Facebook.
Dampak Negatif dan fositif tentang Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis (Anonim, 2009)
Facebook menemui masalah dalam beberapa tahun terakhir seperti pemblokiran pada negara Suriah, Iran dan beberapa tempat kerja agar para pekerja tidak menyalahgunakan waktu kerjanya untuk membuka Facebook. Dan masalah tentang tuduhan bahwa Zuckerber mencuri kode program dari teman-temanya untuk membuat Facebook (Anonim, 2009).
Di kalangan remaja facebook sangat diminati, terlihat dari antusias mereka yang sangat sering menggunakan jaringan sosial ini untuk berkomunikasi dengan teman-teman mereka. Bahkan terkadang sampai ada yang lupa waktu jika telah bermain dengan jaringan sosial yang satu ini. Hal ini tentu saja dapat berdampak pada diri remaja tersebut. Misalnya saja bagi mereka yang lupa waktu jika sudah kecanduan facebook, hal ini tentu saja dapat membuang  waktu mereka. Waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar, malah digunakan untuk bermain di dunia maya ini secara langsung hal ini akan mengakibatkan penurunan prestasi yang dimiliki remaja tersebut .
Namun sisi lain facebook juga memiliki dampak positif, diantaranya adalah bahwa dengan facebook seseorang dapat berkomunikasi kembali dengan teman lamanya yang mungkin saja sudah lama tidak bertemu. Dengan facebook juga dapat membentuk suatu obrolan antar teman yang tentu saja hal ini dapat menjaga hubungan silaturahmi seseorang. Melihat dari dampak negative dan positif yang ditimbulkan oleh facebook kini tergantung dari bagaimana kita menyikapi serta menggunakan facebook tersebut secara bijak


Damapak Facebook terhadap mental dan moral remaja
1.     Kecanduan situs jejaring sosial¬ seperti Facebook atau MySpace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.
2.     Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas. Kerusakan fisik juga¬ sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang-ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi, pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer.



BAB III
Gamabaran Umun
Kondisi objek penelitian 
1.     Temapat                              :  Di kelas IXF SMPN 2 Kota Sukabumi
2.     Waktu                       :  08.00 – 09.00 WIB
3.     Lama Penelitian        : 1 jam
NO

Pertanyaan
Nama
YA
Tidak

1.

Apa kamu pernah menulis status dengan bahasa tidak sopan ?
-         Dwimas
-         Supriyatini
-         Muetia
-         Ananda
-         Putri
Ya
Ya

Ya
Ya



Tidak

2.

Apakah pernah menjalin hubungn lewat Facebook?
-         Dwimas
-         Supriyatini
-         Muetia
-         Ananda
-         Putri
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya



3.

Apakah pernah menulis status tentang kekesalan  anda dalam pelajaran

-         Dwimas
-         Supriyatini
-         Muetia
-         Ananda
-         Putri
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya






























BAB IV
PEBAHASAN


Penyimpulan data hasil wawancara

Pertanyaan            : Apa kamu pernah menulis status dengan bahasa tidak sopan ?                                                                                 
Dwimas                 : Pernah, Karena, status di facebook menjadi luapan emosi saya.                                                                                                                                                       Supri                      : Pernah karena orang tersebut yang menulis status buruk tentang saya.    
Nanda                  : Pernah gara-gara kesal sama orang                                                         
Putri               : pernah karena terbawa emosi                                                              
Meutia                  : gak pernah
Pertanyaan            : Apakah pernah menjalin hubungn lewat Facebook?                                      Dan menulis status tentang rasa sayang anda ?
Dwimas                :  Pernah karna gak ada kerjaan                                                                                                        Supri                      :  Pernah, karena biar dia tahu rasa sayang aku                                                                                 Meutia                   :  Pernah tapi hanya sedekar buat idola                                                                                           Putri                      :  Pernah tapi gak samapai nulis status yang lebay                                                                            Nanda                   :   Pernah tapi jarang – jarang
Pertayaan              : Apakah pernah menulis status tentang kekesalan  anda dalam pelajaran?
Dwimas                :   Pernah, Karena banyak tugas sekolah                                                                              Supri                  :   Pernah gara-gara upacara yang lama banget                                                                        Nanda                 :   Pernah, waktu pas kesiangan                                                                                                      Putri                  :   Pernah, pernah gara-gara kesiangan terus gak ikut pemantapan                                                  Meutia                  :   Pernah kalo menulis tugas yang banyak
Hasil Pustaka

Ulfah Choirun nissa  2011 Facebook Terhadap Moral Remaja Sukabumi Spanda
Kirana Yudistia  2011 Facebook Terhadap Moral Remaja Sukabumi Spanda
Pengelolaan data

Data Siswa
1.     Laki – laki            :  19 Orang
2.     Perempuan           :  25 Orang
 Umur siswa 
1.             13 Tahun              : 3 Orang
2.             14 Tahun              : 29 orang
3.              15 Tahun              : 12 Orang
Ruang kelas
1.     Kursi                              : 47 buah
2.     Meja                     : 24 buah
3.     Papan tulis           : 1 buah
4.     Lampu                  : 1 buah
Data Prestasi
1.     35 %                     :  siswa berpestrasi
2.     50 %                     :  siswa hadir di kelas
3.     15 %                     :  siswa kena pelanggaran







BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.  KESIMPULAN
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografi
B.    SARAN
Terima kasih kami ucapakan kepada para pembaca makalah ini khususnya maha siswa dan maha siswi yang mempelajari makalah ini semoga makalah ini dapat bermampa’at bagi kita semua. Mungkin makalah ini masih banyak di temukan kesalahan dan mungkin masih jauh dari sempurna. untuk itu kami memohon kritik dan sarannya yang bersifat membangun






  

0 komentar: