Tip Atasi Wajah Berminyak


Gadis Cantik

Wajah berminyak memang nyebelin banget! Untuk mengusirnya, kamu bisa ikuti beberapa tip berikut.

Keempat tip berikut bisa membuat wajamu bebas dari minyak.

Tips 1: Jangan mencuci muka terlalu sering
Tetaplah mencuci muka dua kali sehari, karena busa dan air yang berlebihan justru mengikis kelembapan kulit dan menyebabkan kelenjar sebaceous (yang mengeluarkan substansi berminyak yang disebut sebum) bekerja keras untuk melembapkan kulit. Hal ini justru mengakibatkan efek rebound, berupa kulit yang lebih berminyak. Sedangkan untuk touch-up pada siang hari, lebih baik gunakan toner yang lebih ringan atau tisu wajah dengan pelembap.

Tips 2: Gunakan base primer
Aplikasikan base primer sebelum memulas foundation. Hal ini dilakukan agar kulit lebih lembut dan tidak mengilap. Produk primer yang ideal seharusnya bebas minyak dan mampu menyerap minyak berlebih pada wajah, sekaligus menutrisi kulit dan tidak menyebabkan kering.

Tips 3: Aplikasikan make up yang tepat
Seperti juga saat memilih base primer, memilih formula yang bebas minyak namun anti kering juga merupakan kunci saat memilih alas bedak yang baik. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak bisa memilih produk yang mengandung penyerap minyak dan bahan conditioning. Pemilik jenis kulit kombinasi dan sensitif, bisa menggunakan produk oil-free yang mengandung SPF 20. Sedangkan untuk rias mata, pilih eye shadow dan eyeliner yang tahan air agar kulit wajah bebas dari keringat.

Tips 5: Kertas minyak
Cara instan untuk melakukan touch-up di sela-sela aktivitasmu adalah mengelap wajah dengan kertas minyak. Simpanlah selalu kertas minyak di dalam tasmu. Saat ini juga sudah tersedia kertas minyak yang mengandung bedak ringan, sehingga wajah langsung segar dalam sekejap.

0 komentar: