Tips Mewujudkan Impian Anda dengan SMART


Membahas seputar MIMPI, dan ketika membuka facebook ada seorang teman yang men tag sebuah gambar tentang seorang wanita muda yang sukses yaitu Merry Riana dan kemudian rekan lainnya berkomentar tentang tips mewujudkan impian secara SMART dan memang sudah sering saya dengar dan baca di berbagai buku dan seminar yang saya ikuti, namun ijinkan saya berbagi TIPS nya. Agar sebuah MIMPI dapat menjadi KENYATAAN, maka sebuah MIMPI harus memenuhi 5 HAL, yang bila disingkat menjadi SMART, yakni :

1. S-pecific
Sebuah mimpi harus dapat didefinisikan secara jelas dan detail, seperti: keinginan untuk memiliki rumah 2 lantai yang terletak di dataran tinggi, dengan pemandangan menghadap gunung.

2. M-easurable and M-eaningful
Tidak salah bila kita bermimpi untuk memiliki sebuah mobil Ferrari, atau uang 1 Milyar, tetapi setelah mendapatkan itu semua, lalu untuk apa? Sudahkah dipikirkan penggunaan atau pemanfaatannya?

3. A-chievable, but Challenging
Bagi seorang penjual bakso keliling, mungkinkah ia akhirnya memiliki sebuah warung atau restoran bakso? Sangat mungkin, tetapi hal itu tentu memerlukan kerja keras dalam kecerdasan untuk mewujudkannya.


4. R-ealistic
Bukankah batas mimpi itu adalah langit dan bukan langit-langit? Iya. Tetapi bermimpi mendapatkan ikan hiu dengan memancing di kolam ikan mujair, tentu tidak dapat dikatakan sebagai sebuah mimpi yang realistis.

5. T-ime Limit
Berapa lama kita akan dapat meraih atau mewujudkan mimpi tersebut? Bila bermimpi memiliki uang 1 Milyar dalam jangka waktu 10 bulan, tentunya setiap bulan kita harus menabung sebesar 100 juta kan? Sebuah mimpi yang besar harus dapat di-BREAK DOWN atau dibagi-bagi menjadi impian-impian kecil.

0 komentar: