Misteri Huruf "D" Dalam One Piece


 Huruf D banyak di sebut pada manga One Piece. Bahkan bisa dibilang, huruf "D" menjadi kata kunci dari seluruh peristiwa yang mendalangi terjadi nya fenomena one piece, sebagai harta karun terbesar sepanjang sejarah kaum perompak ( pirate ). 

Dimulai dari Gold Roger, perompak tersukses di dunia yang mengatakan bahwa dia akan memberikan hartanya yang paling berharga pada mereka yang bisa mendapatkannya di Grand Line, membuat seorang bocah kampung bernama Monkey D Luffy berniat ingin menjadi bajak laut terhebat. Sepanjang perjalanan nya, huruf D semakin sering di jumpai, terutama jika berkaitan dengan kejadian penting di masa lalu. 

Tahun demi tahun berjalan, nama lain yang menggunakan D bermunculan. Pertama kali diketahui bahwa nama asli Gold Roger sebenarnya adalah Gol D Roger, juga mengandung huruf D yang sama. Hal ini dikatakan oleh Dr. Kureha ( dokterin ) yang mengenal Gold Roger sebagai Gol D Roger, dokterin juga mengatakan bahwa Chopper telah berpetualang bersama orang orang berbahaya yang menyandang nama D. Ini adalah pertama kali nya huruf D di tekankan dalam pengucapan yang berbeda. 

Sampai sekarang ini.. sekurangnya hampir ada 10 orang yang menggunakan D pada namanya. 

Yang masih hidup : 
- Monkey D Luffy, tokoh utama dari One Piece, sampai saat ini yang termuda diantara pembawa nama D. Manusia karet. 
- Portgas D Ace, kakaknya Luffy, pemakan buah iblis yang membuat dirinya menjadi manusia api. 
- Monkey D Dragon, bapaknya Luffy yang ternyata seorang revolusioner buron. Masih belum jelas informasi lainnya. 
- Monkey D Garp, kakek Luffy, admiral angkatan laut, yang berupaya menangkap seluruh bajak laut, pembawa nama D paling tua. Punya kekuatan pukulan yang super. 
- Marshall D Teach, sampai saat ini masih merupakan image bajak laut jahat dengan kekuatan buah setan yang berupa gravity. 

Yang sudah meninggal : 
- Gol D Roger, bajak laut legendaris yang menjanjikan akan memberikan One Piece bagi siapa saja yang bisa menemukannya. 
- Jaguar D Saulo, mantan admiral angkatan laut yang berkhianat demi melindungi sejarah, dan secara kebetulan bertemu dengan Nico Robin kecil.

Melihat dari perkataan Nico Robin, ahli arkeologi dan sejarah yang tergabung dalam gerombolan bajak laut Topi Jerami pimpinan Monkey D Luffy, orang orang dengan nama D ini selalu terukir sejarahnya dan selalu bertarung untuk mempertahankan sesuatu yang mereka anggap ideal. 

Yang aneh dari mereka adalah, sebagian besar dari tokoh ini tidak mengetahui makna huruf D pada nama mereka. Pada saat Robin menanyakannya pada Luffy, terlihat sekali bahwa Luffy juga sebenarnya tidak mengerti apa arti dari huruf D yang disandangnya. Begitu juga dengan kasus Saulo, Jaguar D Saulo, raksasa berumur 300 tahun ini mengatakan bahwa seluruh keluarganya menyandang nama D. Tapi dia juga tak mengerti mengapa nama D itu ada di seluruh keluarganya. Apa makna dan kaitannya dengan masa lalu keluarganya juga tidak jelas. Apalagi artinya. 

Anehnya lagi, nama D ini sepertinya merupakan sebuah makna khusus bagi yang mengerti. Hal ini bisa dilihat dari penamaan yang berbeda, antar keluarga Luffy. Kakek, Ayah, dan Luffy, masing masing memiliki marga "Monkey D." tapi mengapa Ace yang jelas jelas kakak dari Luffy malah menggunakan "Portgas D." ? Ini juga salah satu misteri huruf D. 

Orang yang menyandang nama D ini juga orang orang kuat semua. 
Gol D Roger dikabarkan memiliki kekuatan yang seimbang dengan bajak laut Whitebeard yang dijuluki "The strongest man in the world". Sementara itu, Marshall D. Teach, juga dikabarkan memiliki kekuatan setara Shanks. Sementara pada chapter belakangan ini terlihat, jika Shanks sudah hampir seimbang dengan Whitebeard. Monkey D. Dragon, revolusionist yang di cari World Government. Tentu sudah jelas seperti apa mengerikannya. Monkey D. Garp, juga memiliki kekuatan luar biasa, mampu menembakkan peluru meriam raksasa dengan cara meninjunya. Portgas D. Ace, kira kira seimbang dengan kekuatan yang dimiliki Luffy. Luffy sendiri sudah mengalahkan salah satu Shicibukai, bahkan memporak porandakan CP9 pimpinan Rob Lucci, yang mampu membunuh 500 orang sekaligus dengan mudah. Jaguar D. Saulo juga tidak bisa dibilang lemah. Dia dapat mengangkat satu kapal perang pembawa Buster Call dan bahkan melemparkannya. 

Satu satunya yang justru memberi petunjuk adalah God Enel, pernah menyebutkan nama kapal yang dipakainya untuk pergi ke Fairy Vearth dengan "Despair", yang menurutnya adalah nama penyelamat dunia. Apakah kepanjangan dari D ini adalah Despair ? 

D ini membuat penasaran gw sepanjang jalan cerita. Apa hubungannya D dengan tujuan asli World Government ? Mengapa huruf D ? Paling mudah, apa singkatan dan makna nya ? Apa Despair seperti yang dibilang Enel. Atau kah lainnya ? Death, Destiny, Dream, Destruction, Desire, Delight ?Description: [One Piece] Misteri huruf "D" ??,

0 komentar: