Filem indo 2011 semakin banyak dan seru untuk di toton

Geliat perfilman Indonesia 2011 nampaknya semakin seru. Karena daftar film yang akan tayang sepanjang tahun sudah menjadi buah bibir di awal tahun ini. Minimal setiap bulan ada empat film yang tayang. Jadi Anda punya pilihan setiap minggu untuk menonton film lokal.
Nggak perlu jaim alias jaga image untuk nonton film Indonesia. Karena sineas kita nggak kalah dengan sineas dari Barat. Mengangkat tema-tema lokal, banyak hal yang akan membuat Anda puas nonton sinema kita sendiri. Beberapa film mengangkat kisah buku dan tokoh populer, selain itu ada juga sekuel dari film-film laris di tahun sebelumnya. Penyuka film horor atau seksi, masih ada kok stok baru. Termasuk bintang film baru, Jennifer Kurniawan, yang ikut populer sejak kekasihnya Irfan Bachdim sukses menjadi pemain Timnas Indonesia.
Jennifer Kurniawan menandatangani kontrak dua film dengan Maxima Pictures. Jika tahun lalu Maria Ozawa yang menjadi senjata andalan untuk meraup penonton, Produser Maxima, Ody Mulya Hidayat menyiapkan film JENGLOT PANTAI SELATAN yang kabarnya tayang awal tahun ini. Dalam JPS, Jen berhadapan dengan Zidni Adam, Temmy Rahadi, dan Debby Ayu. Namun, film yang disutradarai Rizal Mantovani ini masih terkendala dengan kekalahan Timnas lalu di Piala AFF. Jennifer, lebih konsen menjaga perasaan Irfan daripada tergesa-gesa mengambil peran.
Deretan wanita cantik Maxima, tentu bukan hanya Jennifer. Ingat, Maria Ozawa masih punya kontrakan dua film. Sementara Ody menyebut, usai melahirkan Tamara Bleszynski siap mengulang sukses dengan AIR TERJUN PENGANTIN 2. Pemain langganan, Dewi Perssik masih masuk dalam hitungan Ody untuk film tahun ini.

Starvision mempersiapkan 8 judul film untuk tahun ini. Bagi Anda yang mengikuti film drama andalan Starvision, ada empat film lanjutan alias sekuel dari film sebelumnya. Yang pertama, LOVE STORY. Meskipun bukan sekuel murni, namun film karya Hanny R Saputra ini tetap memasang Acha Septriasa dan Irwansyah sebagai pasangan seperti dulu film sebelumnya HEART dan LOVE IS CINTA. Sekuel yang lain VIRGIN 3: Satu Malam Mengubah Segalanya, dibintangi Irish Bella. THE TARIX JABRIX 3 juga akan disiapkan. Menariknya, lokasi syutingnya di London. Terakhir adalah sekuel GET MARRIED 3. Produser Starvision, Chand Parwez, mengatakan sekuel tersebut dipersiapkan dengan matang. Karena masing-masing film memiliki jeda dua tahun jadi penonton tidak bosan, tapi belum juga lupa sekuel sebelumnya.
Yang baru, Starvision kembali membawa Sherina ke layar lebar. Judul sementara filmnya PUTRI DAN PANGERAN. Setelah pasangan Sherina dalam PETUALANGAN SHERINA, Derby Romero, kembali menjajal layar lebar dalam LOVE IN PERTH tahun ini menjadi tahun kembalinya gadis mungil yang dulu menggeliatkan perfilman Indonesia setelah mati suri. Sukses Sherina!!!
Sukses memperoleh 7 piala Citra dari 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta, sang sutradara Benni Setiawan kembali membuktikan karyanya lewat film yang mengangkat kisah hidup Inggit Ganarsih, Istri Bung Karno. Film ini sudah menjadi buah bibir, lantaran casting Inggit diminati banyak sineas cantik seperti Maudy Koesnadi, Astri Nurdin, dan Cut Mini. Benni kembali mengandeng Mizan Production. Melihat dari dana yang disiapkan, Rp 12 miliar, Mizan nampaknya tidak main-main. Sepertinya, Benni siap mengisi bursa Piala Citra 2011 nih. Tak hanya Inggit yang difilmkan, Biopil Soekarno juga rencananya akan diangkat ke layar lebar tahun ini.

13 Januari, film BAIK BAIK SAYANG yang diangkat dari lagu band Wali siap ditonton. Seperti pola hidup anggota band Wali yang menjunjung tinggi nilai agama dan toleransi, film ini menuturkan kisah cinta yang ternyata tetap bisa berjalan baik meskipun tanpa pegangan tangan, apalagi adegan ciuman. Selain film tersebut, ANAKLUH dan CEWEK GOKIL menjadi penghuni bioskop Januari ini.
Tak hanya Wali, ternyata Pasha dan kawan-kawan alias band Ungu akan bermain film PURPLE LOVE. Untuk soundtrack, Ungu menyiapkan album khusus berisi lagu-lagu hit lama ditambah dua atau tiga lagu baru. Ungu seolah mengekor kisah sukses The Changcuters dan Wali yang segera rilis. Lagipula Ungu punya fans fanatik Clicuers yang dijamin sudah menunggu-nunggu film ini muncul.
SAJADAH KA'BAH, film ke-26 Rhoma Irama ini menjadi tonggak baru bagi raja dangdut. Selain menjadi pemain, ini adalah film pertama yang disutradarainya sendiri. Film ini mengangkat budaya Lombok, pulau yang terkenal dengan julukan Seribu Masjid. Ida Lasha come back melalui film ini. Belum jelas kapan tayang, yang jelas film ini baru mulai syuting 17 Januari 2011

Zaky Zimah memang jarang terkena gosip, namun untuk kelas film horor dan komedi nama Zaky jadi andalan. Tahun lalu film yang dibintanginya POCONG JUMAT KLIWON dan POCONG RUMAH ANGKER merangkul 300 ribu penonton lebih. Film KALUNG JELANGKUNG, sudah siap kembali membawa nama Zaky tahun ini. Setelah itu komedi horor, POCONG NGESOT, yang disutradarai Nayato kemungkinan juga memasang Zaky. Ah, masih ingat geger Julia Perez cakar-cakaran dengan Dewi Perssik? Karena saat proses syuting film ARWAH GOYANG KARAWANG mereka berdua saling cakar. Tahun ini Sentra sudah siap merilis hasilnya ARWAH GOYANG KARAWANG.
Selain film Inggit, Mizan juga sudah siap merilis RINDU PURNAMA. Film yang mengangkat kisah hidup anak jalanan ini rencana tayang pada bulan Februari 2010. Mathias Muchus yang bertindak selaku sutradara mengangkat persoalan sosial yang lekat di sekitar kita. Februari Anda akan dimanjakan dengan  

RUMAH TANPA JENDELA juga. Dua film ini sangat bersahabat dengan anak-anak. RUMAH TANPA JENDELA karya Aditya Gumay mengangkat cerpen dengan judul yang sama karya Asma Nadia. Surat Kecil Untuk Tuhan, diangkat dari novel best seller, direncanakan tayang tanggal 14 Februari 2011.
Sutradara-sutradara handal tentu Anda tunggu filmnya. Hanung Bramantyo siap melanjutkan kisah sukses Ahmad Dahlan dalam SANG PENANDA dan film religi 99 NAMA-MU. SANG PENANDA dijadwalkan premier 4 April 2011. Jadi awal April Anda bisa menikmati garapan Hanung yang syutingnya di Semarang. Sekuel DARAH GARUDA, HATI MERDEKA, karya Yadi Sugandi juga bisa Anda nikmati. Film ini menuntaskan trilogi film MERAH PUTIH.

Sementara itu Riri Riza bersiap dengan BUMI MANUSIA, karya yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer. Riset yang detail membuat film ini layak ditunggu. Jika mengandalkan novelnya, setting akan mengambil lokasi di Surabaya. Novel yang sudah mendunia ini memiliki cerita dan intrik yang dalam. Pantaslah kiranya Riri memilih mengembangkannya menjadi film. Sayang, setelah penulisnya wafat, akhir tahun lalu istri Pram juga meninggal. Jadi, tinggal generasi kedua Pram yang menjadi saksi difilmkannya novel yang sempat dilarang edar oleh mantan presiden Soeharto itu.
Film lain yang layak Anda tunggu adalah JAKARTA MAGRIB. Saat Festival Jiffest 2010, premiere film ini mendapat apresiasi tinggi. Sutradaranya, Alman Aristo adalah penulis skenario AYAT-AYAT CINTA dan LASKAR PELANGI menggarap JAKARTA MAGRIB (JM), berupa kumpulan film pendek. Bintangnya, Lukman Sardi, Marsha Timothy, dan Reza Rahadian. Sementara Rudi Soedjarwo kembali mengurai pita film dengan judul BATAS yang dikerjakan bersama Marcella Zalianty.
Beberapa film lain yang melengkapi daftar film Indonesia 2011 adalah BELENGGU karya sutradara Upi. Film SERBUAN MAUT, karya sutradara Gareth Evans yang sebelumnya menggarap MERANTAU. Ini yang paling lama ditunggunya, CATATAN SI BOY. Sukses dengan drama musikal tahun lalu, Joko Anwar kembali ke film dengan judul EKSEKUTORS. Film KILLERS, tampaknya akan memamerkan adegan penyiksaan khas Thriller yang digarap oleh Sutradara The Mo Brothers. Seperti BUMI MANUSIA, film NEGERI 5 MENARA diangkat dari novel yang booming. Ada juga film RONGGENG DUKUH PARUK, yang diangkat dari novel trilogi karya Ahmad Tohari.
Jangan pula sampai terlewat SERDADU KUMBANG. Karena karya Alenia Pictures tidak pernah mengecewakan, dijamin Anda tidak rugi membeli tiket masuk bioskop. Disutradarai sendiri oleh Ari Sihasale, kali ini Lukman Sardi kembali hadir sebagai pemain utama. SIMFONI LUAR BIASA karya sutradara Awi Suryadi mengisahkan anak-anak berkebutuhan khusus yang mampu berkarya lewat nada. Sekuel yang cukup lama sambungannya, hadir lagi tahun ini ARISAN 2 movie karya Nia Dinata. Setelah lama absen, sutradara Isfansyah yang dulu menggarap GARUDA DI DADAKU, hadir kembali dengan SANG PENARI. Beberapa judul yang bisa kami catat dari berbagai sumber antara lain AMBILKAN BULAN BU, MIRROR NEVER LIES, LOST IN PAPUA, PASAR GAMBIR, PIRATES BROTHER, MIASMA, SELINGKUH, PERAHU KERTAS.

0 komentar: