Fakta Salah Yang Mengejutkan Dunia

1. Benda Paling Besar Buatan Manusia Bukanlah Tembok Vesar Cina
Walaupun tidak terlihat dari luar angkasa (sama halnya dengan tembok itu), benda buatan manusia terbesar di dunia ini areanya melebihi besar Indonesia, 700,000km2. Lebih kerennya lagi kita semua berpartisipasi dalam pembuatannya! Ya,... aku dan kalian membuatnya lebih besar ketika kita buang sampah sembarangan.

Yang dimaksud yaitu: the great pacific garbage patch. Kumpulan sampah ini terdiri dari plastik, limbah kimia dan puing-puing yang dikumpulkan oleh arus lautan berputar, dan akhirnya disimpan di satu tempat di lautan pasifik.

Ditemukan pada tahun 1997 oleh Kapten Charles Moore, diperkirakan akan memakan uang puluhan, bahkan milyaran USD dan berdekade-dekade untuk membersihkannya. Pada tahun 2010, proyek ‘Kaisei’ berhasil mendaur ulang 100 ton sampah yang terkumpul disana. Sayangnya itu hanya 0,00003% dari beratnya.

2.Pisang Bukan Buah                                                                                                          



 
Pohon’ pisang adalah sebuah herb, dan secara teknis (botanis)yang anda makan ketika anda makan buah dari pohon pisang adalah berry; buah yang mana ‘the entire ovary wall ripens into an edible pericarp’. Pisang => Berry.
Tomat bukan sayur dan pisang bukan buah. Bahkan, botanis menyetujui yang kita sebut sebagai ‘pohon pisang’ sebenarnya bukan pohon karena dia tidak memiliki sifat yang dimiliki oleh pohon, yaitu serat kayu.

3. Kecepatan Cahaya Tidak Selalu Konstan


Yang membuat teori relatifitas sangat sulit dimengerti adalah karena kita diajarkan bahwa kecepatan cahaya tidak akan pernah berubah. Secepat apapun kita bergerak, relatif pada kita, cahaya akan tetap berkecepatan 186,282m/s, tapi yang suka tidak diajarkan bahwa cahaya tidak selalu secepat c.

Pake logika juga bisa sih, karena cahaya adalah sebuah gelombang dan memang gelombang bisa bergerak lebih cepat atau lambat tergantung medianya.

Seperti gelombang suara yang berkecepatan 341 m/s lewat udara dan 1400 m/s lewat air. Yang disebut c adalah kecepatan cahaya dalam vakum. Berbeda medium berbeda kecepatan. Fisika memang keren
, ada sejumlah ilmuwan yang berhasil melambatkan cahaya sampai 60 kph.


4. Alexander Graham Bell Bukan Pencipta Telefon
Alexander Graham Bell bukan saja mencuri ide cemerlang ini, bahkan dia mencuri paten dan blueprint-nya dari orang lain. Orang Skotlandia ini berhasil dicatat sejarah sebagai penemu telefon karena dia memiliki teman yang berkuasa, uang yang tidak sedikit dan kaki tangan yang bekerja di lembaga paten.

Ceritanya begini, pada sebuah pagi Februari yang kelam di tahun 1876 kedua pengacara dari Bell dan rivalnya Elisha Graymendatangi lembaga paten untuk mematenkan temuannya masing-masing. Keduanya diterima dan memiliki gagasan untuk men ‘transmisi suara vokal’, dan lucunya kedua paten tersebut memiliki fitur mekanis yang serupa. Kok bisa?

Ternyata seorang bernama Zenas Fisk Wilber menjelaskan ide-ide Gray ke Bell. Wilber bukan saja pekerja lembaga paten dia juga adalah teman dari pengacara paten Bell -Marcellus Bailey- yang seorang alkoholik dan berhutang uang padanya.

Pada tahun 1886 Wilber mengaku bahwa ‘Saya menunjukkan gambar (patennya Gray) dan menjelaskan pada Prof. Bell metoda yang Gray gunakan.’ Dia juga mengatakan bahwa tak lama kemudian Bell kembali dan memberikannya $100.

Tapi kalau dilihat lebih lanjut ada seorang lagi yang di jahatin oleh Bell, seorang penemu miskin berasal dari Italia bernama Antonio Meucci. Singkat cerita: Meucci membuat telefon sebelum Bell, bahkan dia diaku oleh DPR Amerika Serikat sebagai seorang perintis bidang telekomunikasi dan mereka juga menyatakan bahwa ‘bila saja Meucci mampu membayar biaya sebesar $10 untuk melanjutkan paten caveat-nya, tidak mungkin paten untuk telefon diberikan kepada Bell (maupun Gray).

0 komentar: