ujian masuk sekolah yang unik di jepang

Sekolah The Hisatagakuen Sasebo Girls High School yang berlokasi di Jepang Selatan ini, punya syarat unik untuk para siswa yang pengin masuk sekolah. Kalau biasanya kita harus belajar ekstra keras dan bisa menjawab pertanyaan tes dengan benar, di sekolah ini, semua remaja cewek yang berniat mendaftar, harus ikutan tes menggunakan sumpit!

Ujiannya pun nggak sebatas itu saja. Ada pula beberapa tes keahlian seperti memindahkan kelereng, manik-manik, dan kacang dari satu piring ke piring lainnya. Kalau lulus, baru deh, mereka bisa mengajukan lamaran ke sekolah ini. Hihihi, ribet ya?

Memang repot jadinya kalau kita cuma membayangkan seluruh prosesnya. Tapi, kalau kita tahu apa maksud dibalik tes ini, pasti bakal berdecak kagum! Soalnya, tes ini bertujuan untuk memastikan para remaja Jepang, yang notabene-nya dinamis dan gampang menyerap tradisi western, nggak meninggalkan akar tradisional mereka. Singkatnya, mereka pengin mempertahankan adat dan budaya tradisional Jepang. Keren, kan?

Selain tes ajaib tadi, sekolah yang sudah didirikan sejak tahun 1902 ini, juga menerapkan kurikulum khusus yang isinya belajar merangkai bunga dan melakukan upacara minum teh tradisional Jepang.

0 komentar: