Efek Begadang


Gadis Ngobrol

Kebiasaan bergadang atau tidur sampai larut malam sering kita lakukan di saat sedang belajar untuk ujian, menonton film seru atau susah tidur. Memang sih, awalnya kebiasaan ini sama sekali nggak berpengaruh bagi kita. Tapi, kalau terlalu sering dilakukan bisa menimbulkan beberapa efek buruk bagi kita. seperti:

  • Bikin gemuk. Yap, efek begadang bisa bikin gemuk ini sudah dibuktikan oleh banyak ahli, lho. Menurut J Catesby Ware dari Norfolk General Hospital, Amerika Serikat, kurang tidur bisa mengakibatkan perubahan hormonal yang meningkatkan napsu makan. Apalagi agar bisa tetap terjaga, kita sering mengunyah cemilan dan minum kopi. Otomatis, badan pun semakin membesar.
  • Bikin kemampuan otak melemah. Profesor Juergen Zulley dari Regensburg University Hospital di Bavaria, Jerman mengatakan bahwa saat tidur otak kita mengalami regenerasi sel sehingga ketika bangun bisa bekerja dengan sempurna. Nah kalau kita kurang tidur, makan sel-sel otak pun akan kurang waktu untuk regenerasi sehingga kinerjanya nggak akan maksimal dan memori kita pun akan berkurang.
  • Bikin stres. Penelitian di Universitas Pennsylvania membuktikan bahwa porsi tidur kurang dari 5 jam per hari selama seminggu bisa menyebabkan stres, marah, sedih, dan depresi. Karena saat kurang tidur, badan kita jadi lemah dan otak tulalit, sehingga mood kita pun jadi nggak stabil.

0 komentar: