Gotic Lolita




Gaya gothic lolita adalah perpaduan antara gaya gothic dan lolita fashion. secara umum gothic adalah nama suatu periode yang berkisar pada abad ke-18 di Eropa, tepatnya di Eropa Utara. Pada era ini, terjadi perkembangan besar-besaran di bidang karya seni, sastra dan aarsitektur dimana perkembangan karya-karya tersebut umumnya dipengaruhi oleh tema-tema religius. sedangkan istilah lolita sering dipakai untuk merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan anak perempuan di bawah umur
Gothic lolita sendiri dipopulerkan oleh Mana dari band MALICE MIZER pada tahun 90an.Malice mizer sendiri adalah band dengan konsep terindah yang pernah saya temui, bukan hanya dari konsep berpakaian, tetapi juga dari lagu yang benar benar indah. Karena kesuksesanya, malice mizer berhasil menarik minat para cosplayer untuk meniru gaya mereka.Selain itu Mana juga merintis sebuah butik yang menyediakan fashion gothic lolita yang bernama Moi-Même-Moitié. Moi-Même-Moitié mengedepankan 2 gaya gothic andalanya yaitu EGA (Elegant Gothic Aristocrat) dan EGL (Elegant Gothic Lolita). EGA menekankan pada gaya androginy dimana pakaian nya tidak terpaku hanya untuk pria atau wanita saja, justru pria dan wanita bisa saling crossing dress.Biasanya baju yang dipakai berwarna hitam atau putih tapi tidak menutup kemungkinan menggunakan warna lain. Kesan yang ditunjukkan EGA adalah elegan yang terinspirasi dari gaya aristocrat abad 18-19. Sedangkan EGL lebih menekankan pada nuansa kekanakan.
Contoh Desain Baju Gotic Lolita
 EGA
 

* Gothic Lolita: merupakan gaya paling umum dan paling populer dari sub-kategori gothic dalam Lolita Fashion. Pakaian yang dikenakan biasanya berwarna khusus hitam dan putih tetapi dapat juga meliputi warna biru-gelap kehitaman (Moitié) ataupun hitam dan merah.
* Kurololi (Lolita hitam): merupakan Gothic Lolita tetapi terbatas pada warna dengan tema serba hitam.
* Gurololi: berarti Lolita yang mengerikan atau menakutkan. Gaya ini tidak sekedar dilihat dari kostum saja tetapi harus memakai pakaian yang dilengkapi dengan darah kental, contohnya dengan perban, darah palsu, tutup mata, dan lainnya. Makeup yang digunakan oleh Gothic Lolita biasanya berwarna gelap, hal ini sangat berlawanan dengan aliran Lolita yang menonjolkan makeup warna terang. Raut wajah yang pucat juga digunakan dalam gaya ini, tetapi bukan seperti warna putih pada ’goth’. Selain itu Gothic Lolita menggunakan lipstik berwarna merah untuk pewarnaan bibir, serta eyeliner warna hitam
Dalam dunia visual kei, gothic lolita merupakan salah satu gaya yang cukup diminati. Musisi yang menggunakan gaya ini adalah mana (Malice mizer), Hizaki( Versailles), rame (Vidoll) dll.
Cosplay Gotic Lolita 
mmm…..ngomong soal lolyta style…sebenernya masih ada macem macem lagi fashion lolyta..mari aq bahas satu -satu  ^_^


0 komentar: