Panik, Nih!


Gadis Ngobrol

Saat ujian, presentasi di depan kelas, kencan pertama, ikut perlombaan, adalah beberapa keadaan yang bisa bikin kita terkena serangan panik. Kepanikan kita ini bisa membuat kacau semua rencana, atau bahkan mempermalukan diri kita. Makanya sebelum panik makin nggak terkendali, kita harus mengontrolnya, dengan:

Atasi sumber kekhawatiran
Kita harus tahu dulu nih penyebab rasa khawatir yang membuat kita panik. Kemudian pikirkan cara untuk mengantisipasinya. Misalnya, kita panik karena khawatir ditertawakan orang saat presentasi. Untuk mengantisipasinya, kita rajin latihan ngomong di depan orang banyak biar nggak demam panggung.

Belajar untuk rileks
Cari cara yang paling efektif untuk bikin kita rileks. Entah itu belajar yoga, meditasi atau hal simple seperti makan permen karet dan minum air putih. Pokoknya setiap kali kita dilanda panik, lakukanlah ritual rileksasi tersebut.

Tenangkan tubuh kita
Biasanya kalau lagi panik, beberapa bagian tubuh kita menjadi tegang. Antara lain, otot bahu dan leher menjadi kaku, jantung berdebar-debar sampai sakit kepala. Coba tenangkan bagian tubuh ini dengan cara mengelusnya secara perlahan dan konstan. Jika tubuh kita sudah tenang, pikiran kita pun ikut tenang.

Tidur yang cukup
Tidur bukan hanya menginstirahatkan badan, tapi juga pikiran kita. Pikiran yang segar bisa mengurangi rasa panik dan meningkatkan mood kita.

Hindari minum kafein
Zat kafein yang terdapat pada kopi dan soft drink malah meningkatkan debaran jantung kita. Akibatnya kita bukannya tenang, malah makin panik.

Bayangkan hal yang menyenangkan
Coba pikirkan segala hal yang kita sukai seperti hang out bareng teman, jalan-jalan ke pantai atau makan es krim. Dengan begitu, pikiran buruk yang menyebabkan kita panik pun akan teralih. 

0 komentar: