Bento, Nasi Boks Seru dari Jepang


Gadis Ngobrol

Kalau nonton anime, dorama atau baca komik Jepang, ada tokoh yang bawa boks makan siang dengan penataan makanannya yang unik dan super kreatif. Yes, that’s bento, lunchbox unik khas Jepang.

What is Bento?
Bento merupakan satu set menu makanan untuk satu orang dalam wadah boks, biasanya untuk makan siang. Hampir sama seperti kalau kita bawa bekal makan ke sekolah. Lalu apa sih yang bikin beda antara bento dan lunchbox pada umumnya? Yap, bedanya terletak di penataan menunya yang tidak sembarangan.

Meskipun mesti berjejal dalam sebuah boks mungil, menu dalam bento ditata sedemikian rupa supaya hasilnya bisa tampak menarik dan menambah selera makan. Bento seringkali tampil dengan bentuk yang sangat imut, nggak seperti kebanyakan menu lunchbox yang ditata seadanya. Seperti menu makanan pada umumnya, bento biasanya berisi nasi, daging/ikan, sayur-sayuran rebus dan acar.

Bento = Seni
Bagi warga Jepang, bento adalah seni. Bento sudah jadi media untuk mengasah kreatifitas warga Jepang dengan cara menata makanan dalam boks. Misalnya aja nasi yang dibentuk seperti wajah Doraemon dan sosis yang dipotong berbentuk gurita. Bento udah jadi salah satu warisan kultur Jepang. Sering juga diadakan lomba membentuk bento.

Beberapa jenis bentuk penataan bento:
  • Kyaraben, Bento dibentuk menyerupai tokoh-tokoh anime, manga atau karakter game.
  • Oekakiben/picture bento. Bento dibentuk menyerupai berbagai bentuk makhluk hidup, misalnya wajah manusia, hewan, bunga, dan tumbuhan lain.
Selain Jepang, beberapa Negara juga punya lunchbox unik yang mirip bento, seperti Filipina (Baon), Korea (Dosirak), Taiwan (Biandang), dan India (Tiffin). Boleh dicoba, nih! Sesekali lucu juga kan, bawa bekal makan ala bento ke sekolah..

0 komentar: