Normalkah Siklus Menstruasiku?


Gadis Ngobrol

Sebagai seorang cewek, pastinya kita punya ‘tamu istimewa’ tiap bulan, yaitu menstruasi. Saking istimewanya tamu yang satu ini, sampai-sampai kita dibuat panik saat menstruasi datang dengan tidak semestinya.

Kok menstruasiku kadang datang lebih cepat, kadang lebih lambat, ya?
Normal kok, kalau di 2 tahun pertama sejak dapat menstruasi siklus itu masih belum stabil. Pada umumnya, siklus menstruasi itu sekitar 28 hari. Tapi, ada juga beberapa dari kita yang sikklusnya setiap 24 hari atau bahkan 30 hari. Salah satu penyebab siklus tidak normal ini adalah siklus hormonal kita. Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu menandai kalender setiap kita lagi “dapat”, ya. Supaya bisa terus memantau siklus menstruasi kita.

Berapa lama dan sebanyak apa sih menstruasi yang normal?
Lama menstruasi setiap cewek juga berbeda-beda. Ada yang hanya 2 atau 3 hari saja, tapi ada juga yang sampai lebih dari 7 hari.  Meskipun kadang kita melihat jumlah darah yang keluar saat menstruasi itu sangat banyak, tapi ternyata rata-rata hanya sekitar 30ml darah saja setiap periode, lho.

Kapan sih kita harus periksa ke dokter sehubungan dengan siklus yang nggak normal ini?
Periksalah ke dokter saat:
  • Jumlah darah yang keluar sangat banyak, sampai kita harus mengganti pembalut setiap jam sekali, dan menstruasi berlangsung selama lebih dari seminggu.
  • Tidak mengalamai menstruasi selama lebih dari 3 bulan.
  • Mengalami pendarahan di antara masa menstruasi. Misalnya 2 minggu setelah menstruasi, kita mengeluarkan darah lagi.
  • Mengalami sakit yang luar biasa sebelum atau saat sedang menstruasi.

0 komentar: