Sejarah Hidup Beethoven


Jujur aku dulu gak tau sapa itu beethoven tapi pas waktu SMP suka sama dorama Nodame Canblle aku jadi tau seorang sosok bethoven yaitu seorang Komponis musik yang paling terkenal akan karyananya dan perjalanan hidup ya yang sungguh mengagumkan.......
Apa lagi Kalo denger
Musik FUR ELISE sama Beethoven Sympony 7
itu lah musik yang paling ku suka dan paling aku tahu
dan yang paling mengagumkan dari seorang beethoven adalah sosok yang penuh kesabaran walau ia di tempa berbagai cobaan dalam hidup dia terus sabar dan akan terus maju ke depan...... Yoshh.... Itu semua Mengingatkan pada kehidupan di jaman sekarang walau banyak kukarangan dalam diri tapi harus nyakin di balik kekurangan itu pasti ada kelebihan.
nah... silahkan baca kehidupan ya beethoven








Sejarah kehidupan komponis Ludwig Van Beethoven dimulai pada tahun 1770. Ia dilahirkan pada tanggal 16 Desember 1770 di Bonn, Jerman dari keluarga pasangan Johann Van Beethoven (1740 – 1792) dan Maria Magdalena (1746 – 1787). Ayahnya adalah seorang penyanyi tenor dan pemain biola di kapel istana Bonn dalam kelompok pemusik Elector Prince of Cologne. Beethoven kecil mendapatkan pelajaran musik untuk pertama kali dari ayahnya, yang memaksa dia untuk belajar piano, organ dan biola mulai dari usia dini. Beethoven mengenal dan belajar biola dari Franz Ries (1755 – 1846) yang merupakan musisi sahabat keluarga Beethoven.


Mengetahui bahwa Beethoven kecil memiliki talenta yang luar biasa, ayahnya berpikir untuk menjadikannya sebagai Mozart baru, dimana saat itu Mozart sudah dikenal sebagai pemusik jenius, ajaib, luar biasa dan terkenal pada masa kecilnya, karena seringnya Mozart mengadakan konser keliling kota bersama ayahnya. Wolfgang Amadeus Mozart sendiri dilahirkan pada tahun 1756, jadi pada saat Ludwig Van Beethoven lahir, usia Mozart sekitar 14 tahun. Mozart sudah mulai membuat komposisi di usia 5 tahun dan mulai tour keliling Eropa pada usia 6 tahun. Keadaan Mozart inilah yang memberikan ambisi kuat pada ayah Beethoven untuk menjadikan Beethoven seperti Mozart. Dan Beethoven kecil sendiri juga sangat menyukai musik.


Ayah Beethoven adalah orang yang tidak stabil, seorang ambisius dan juga pemabuk. Namun kondisi ayahnya yang seperti ini tidak mengurangi kecintaan Beethoven terhadap musik. Dia tetap belajar dan bermain musik dengan senang, konser pianonya yang pertama ditampilkan pada tanggal 16 Maret 1778 pada usia 8 tahun, tetapi ketrampilannya pada usia ini tidak seimbang dengan ketrampilan Mozart pada usia yang sama. Beethoven telah menjadi tulang punggung keluarga sebagai pencari nafkah sejak berusia 18 tahun, dimana ia menggantikan posisi ayahnya di istana Bonn.


Pada tahun 1781 (usia 11 tahun), Beethoven keluar dari sekolah formal dan menjadi asisten organis Christian Gottlob Neefe (1748 – 1798) di kapel istana Bonn. Neefe adalah seorang komposer opera Jerman dan dirigen. Di sini ia belajar dan mengasah ketrampilan musiknya dari Neefe dan musisi lainnya yang tergabung dalam kelompok musik istana. Saat berusia 17 tahun, sekitar bulan April/Mei 1787 ia dikirim oleh istana Bonn ke Vienna (Wina) untuk mengambil pelajaran komposisi musik dari Mozart. Saat itu usia Mozart sudah 31 tahun, dan Mozart memuji potensi dan bakat besar Beethoven di bidang musik. Namun sayangnya, pelajaran dengan Mozart hanya selama 2 bulan, karena pada bulan Juli 1787, ia dipanggil pulang ke Bonn karena ibunya sakit parah, yaitu menderita tuberkulose. Dan ibu Beethoven meninggal pada tanggal 17 Juli 1787.


By Ulfah Lawliet

2 komentar: