10 Hal pembelajaran yang aku dapat selama Prakerin

Dimana ini ?, kenapa disini begitu sunyi , kenapa orang - orang disini begitu serius , kenapa aku tidak bisa tertawa berbahak – bahak disini , kenapa aku tidak  bisa bebas sebebas burung yang bisa terbang kemana saja, disini , dan kenapa kehidupan disini jauh berbeda dengan kehidupan ku di sekolah.
            Sekarang aku tau dimana ini , kita sedang ada di dunia yang berbeda , disini tempatnya orang dewasa bermain , bermain dengan kesibukan pekerjaanya , bermain dengan uang yang ingin ia capai , bermain dengan segala rutinitas flat yang harus mereka jalanin setiap hari. Disini membuatku merasa seperti burung yang hanya bisa diam di dalam sangkarnya.
            Disini berbeda , dan membuat aku mengerti bahwa sekolah adalah tempat yang paling nyaman dan paling menyenangkan buat kita semua , karena di sekolah banyak kebebasan yang bisa didapat , disekolah banyak teman yang membuat kita tertawa , di sekolah banyak organisasi yang bisa nambah pengetahuan. Sekolah itu memang tempat brsenang – senang , dan menjadi tempat yang bisa membuat kita bahagia.
            Tetapi kita tidak boleh hidup terus – terusan hidup  dalam sangkar kesenangan kita , kita harus berpindah dan menetap di sangkar baru , dengan suasana baru , dengan teman baru , dengan pengalaman baru.
            Banyak pembelajaran yang aku bisa dapat disini ,
1.    Belajar menjadi pegawai  itu Flat , setiap hari harus sibuk dengan urusan kantor dan terkadang tak banyak hal yang bisa membuat kita bahagia , tetapi inilah dunia kerja , dunia yang bisa menghasilkan uang , bila kita menghasilkan sesuatu  untuk perusahaan.
2.    Belajar Kesabaran itu penting , disini kita harus banyak belajar bersabar , belajar bersabar dengan 1PC untuk 2 orang , belajar bersabar menghadapi tugas yang error , belajar bersabar dengan kebosenan yang akan kita alami bila kita tidak ada kerjaan.
3.    Belajar berbagi , dunia kita hidup tidak hanya sendiri dan manusia adalah mahluk social yang membutuhkan manusia lainya , disini kita harus berbagi tempat , makanan , kasur banyak hal lagi yang mesti kita relakan untuk berbagi.
4.     Belajar Mengerti orang lain , terkadang diri kita sendiri saja sudah susah untuk dimengerti , tetapi disini kita saling belajar Mengerti satu  sama lain , kita Mengerti sikapnya, kita Mengerti kelakuannya , dan kita harus Mengerti kekuranganya .
5.    Belajar Mandiri , disini semua tugas rumah yang biasanya jarang kita lakukan harus kita lakukan dan sudah menjadi kewajiban. Terkadang hal itu akan terasa sangat berat karena berbeda dengan kebiasaan kita dirumah yang serba instan dan bisa dibantu oleh orang tua , disini kita sendiri, dan apapun yang kita punya dan kita kenankan menjadi tangung jawab kita itu, walau harus rela nyucci baju sore – sore , sertrika pagi – pagi , nunggu masak nasi dulu baru bisa makan dan nunggu air mendidih di teko listrik buat masak mie .
6.     Belajar brsyukur, terkadang kita sering sekali mengeluh tentang Kost-san kita yang terasa tak nyaman , air-nya kurang bersih , lingkungan yang kumuh , serta para kost-san lain yang sudah mempunyai keluarga dan anak, semua hal itu terasa sulit kita jalanin, tetapi aku berfikir pada satu realita hidup, aku Flasback ke belakang dan mengingat betapa nyaman-nya rumah ku , betapa Fasilitas yang memadai sudah ada di rumahku, kamar ku yang sangat nyaman bagiku , tapi disini aku sempat berfikiran seperti itu, Tapi Roda hidup itu terus berputar , terkadang orang yang selalu pada titik kenyamanan nya akan merasa bosan dan menginginkan hal yang lebih , tapi disini aku belajar alangkah beruntung nya aku , berbeda dengan kehidupan disini , mereka hidup dengan keserhanaan , dengan tempat persegi sebesar kamar ku mereka harus membaginya dengan anak – anak nya , dan dengan segala barang yang ada untuk memenuhi kebutuhan mereka , tetapi mereka tidak pernah mengeluh , mereka terlihat bahgia ,kenapa aku harus mengeluh dan merasa kasihan disini , kita disini cuman 1 bulan mereka disini , sudah ber tahun – tahun, dan mereka merasa nyaman disini.
7.    Belajar tentang Hidup  ada di tangan kita sendiri , sekarang hidup ku ditentukan oleh ku sendiri , mau di bawa kemana hidup ini , kita yang akan tentukan, yang biasanya kalau kita mau kemana – mana kita harus izin dulu ke mama / papa sekarang aku bisa kemanapun aku mau , tapi sekarang aku mengerti mereka ingin sekali melindungi kita , mereka ingin sekali menjaga kita , dan disini kita harus menjaga diriku sendiri , kita harus mementukan mana yang baik dan mana yang buruk kita sendiri yang menentukan.
8.    Belajar menemukan teman baru , belajar untuk bisa cepat dekat dengan orang lain , belajar memahami teman kita, belajar untuk mengenal tentang sekolah teman kita dan belajar untuk mengerti kehidupan mereka sebelum kita datang di hidup mereka.
9.    Belajar untuk bisa lebih dekat dengan yang maha kuasa, biasanya kalo di ada masalah di sekolah , jalan satu – satu untuk bisa keluar dari masalah itu adalah pulang ke rumah dan bertemu dengan mama – papa ,serta keluarga yang bisa bikin hati kita tenang lagi , tapi disini setiap kali ada masalah kita tak bisa pulang ke rumah , dan disini kita hanya bisa berdoa ke pada yang maha kuasa , dan mencari solusi untuk keluar dari masalah ini.
10. Belajar mengatur uang dengan baik, di rumah uang jajanku pasti aku jajan dengan senaknya , disini beda lagi kalo kita meneruti nafsu untuk jajan, uang per bulan itu gak bakalan cukup , disini kita belajar mengatur uang, mengatur makanan, dan mengatur skebutuhan kita sendiri , disini kita tak bisa senaknya lagi meminta uang pada orang tua, yang biasanya di rumah cuman bilang Pa minta uang buat jajan , tapi disini untuk jajan saja kita harus piker panjang.

0 komentar: